Info KKL 2023 Mahasiswa Angkatan 2020 Prodi Pendidikan Tari – FBS-UNJ

You are currently viewing Info KKL 2023 Mahasiswa Angkatan 2020 Prodi Pendidikan Tari – FBS-UNJ

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah bentuk kegiatan perkuliahan yang memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk terjun langsung dalam masyarakat yang mungkin tidak ditemukan di dalam lingkungan kampus.

Dalam konteks ini, Prodi Pendidikan Tari Fakultas Bahasa dan Seni UNJ, pada tahun 2023 melaksanakan kegiatan KKL untuk mahasiswa angkatan 2020 dengan memilih lokasi di Kabupaten Bandung Barat lebih tepatnya di Padepokan Kalang Kamuning asuhan Abah Nanu Muda seorang seniman tari rakyat dan Dosen Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung.

Pembimbing Akademik angkatan 2020 Dr. Deden Rengga, M.Sn dan Prof. Dr. Elindra Yetti, M.Pd merasa puas sekaligus mengevaluasi dari seluruh jalannya kegiatan KKL, karena selain mahasiswa mendapatkan materi tari baru yang benar-benar belum dipelajari, ternyata masih banyak hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan terkait teknis dalam skill kepenarian mahasiswa Prodi Pendidikan Tari kedepan.

Kegiatan KKL tahun ini mengadopsi dan mewujudkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Program Praktisi Mengajar, dimana mahasiswa berinteraksi langsung dalam lingkungan budaya asli dengan seluruh potensi yang mendukung lingkungan budaya tersebut. Belajar tari rakyat Sunda di wilayah Sunda dengan pelatih/nara sumber tokoh tari rakyat Sunda.

Pengalaman belajar dalam waktu yang sangat singkat, yakni hanya 2 hari, mahasiswa mendapatkan ilmu praktek tari “Gaplek” untuk penari perempuan, dan tarian “Kangsreng” khusus untuk laki-laki.

Kedua materi tari tersebut tidak cukup hanya disadap dari narasumber, akan tetapi seluruh mahasiswa peserta KKL harus melaksanakan presentasi dalam bentuk pertunjukan di kampus sebagai materi Ujian Akhir Semester Mata Kuliah KKL.

Suasana kegiatan presentasipun menyedot perhatian masyarakat kampus, sehingga kegiatan menjadi meriah, semangat, dan menyenangkan. Akhirnya kami ucapkan

Terimakasih untuk keluarga besar Padepokan Kalang Kamuning, khusus dan spesial untuk Abah Mas Nanu Muda dan team work yang super keren, serta ucapan selamat dan sukses untuk seluruh mahasiswa peserta KKL atas capaian kalian yang membanggakan. Penutup, salam kompak untuk para pembimbing KKL Angkatan 2020 tahun kegiatan 2023.

(OC)




[wp_objects_pdf]

Klik Button diatas untuk mengunduh versi PDF

Bagikan Artikel Ini!

Ojang Cahyadi

Dosen Pendidikan Tari Universitas Negeri Jakarta, Seniman Karawitan, dan Penulis

Leave a Reply