Pentingnya Publikasi Ilmiah dalam Meningkatkan Reputasi Perguruan Tinggi: Sorotan dari Workshop Penulisan Karya Ilmiah di Prodi Pendidikan  Tari Fakultas Bahasa dan Seni – Universitas Negeri Jakarta

You are currently viewing Pentingnya Publikasi Ilmiah dalam Meningkatkan Reputasi Perguruan Tinggi: Sorotan dari Workshop Penulisan Karya Ilmiah di Prodi Pendidikan  Tari Fakultas Bahasa dan Seni – Universitas Negeri Jakarta

Pada hari rabu, 8 November 2023, Program Studi Pendidikan Tari Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan workshop penulisan karya ilmiah yang dihadiri oleh civitas akademika Prodi Pendidikan Tari. Kegiatan workshop ini menjadi momentum penting dalam menggali potensi penelitian dan publikasi karya ilmiah di lingkungan perguruan tinggi, khususnya pada Prodi Pendidikan Tari.

Mengawali kegiatan dengan sambutan sekaligus pembukaan kegiatan workshop dari Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd, yang memberikan pengantar sebagai motivasi kepada mahasiswa yang tengah menyelesaikan skripsi dan menghadapi seminar skripsi. Beliau menekankan pentingnya kesungguhan dan dedikasi dalam menulis karya ilmiah sebagai bagian integral dari proses akademik. Motivasi tersebut diharapkan dapat mendorong mahasiswa dan dosen untuk menghasilkan karya-karya ilmiah yang berkualitas.

Sambutan sekaligus laporan dari Koordinator Program Studi Pendidikan Tari Dr. Deden Haerudin, M.Sn,  fokus pada aspek penelitian dan artikel jurnal sebagai keniscayaan dalam proses perkuliahan. Deden juga menekankan bahwa penelitian dan publikasi ilmiah adalah menu wajib yang harus dilakukan oleh setiap dosen dan mahasiswa. Pada kesempatan yang sama, Prof. Dr. Elindra Yetti, M.Pd, selaku Penanggung Jawab Kegiatan (PIC) merangkap moderator, memberikan arahan lebih lanjut sebagai penajaman akan pentingnya membangun kebiasaan baik yakni dengan menulis karya ilmiah.

Prof. Dr. Elindra Yetti, M.Pd, memberikan gambaran bahwa sivitas akademika harus mampu menyajikan karya ilmiahnya dalam bentuk tulisan. Dosen dan mahasiswa memiliki kewajiban untuk menulis karya ilmiah yang dapat dipublikasikan, baik di tingkat nasional maupun internasional. Mengacu pada Undang-Undang Guru dan Dosen, dosen  dianggap sebagai pendidik profesional dan ilmuan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Oleh karena itu, kewajiban menulis publikasi ilmiah menjadi bagian penting dari peran dosen dalam memajukan ilmu pengetahuan.

Pentingnya publikasi ilmiah juga dihubungkan dengan reputasi dan kredibilitas suatu perguruan tinggi. Semakin banyak karya ilmiah yang terpublikasikan oleh civitas akademika, maka semakin tinggi reputasi perguruan tinggi tersebut. Dalam konteks ini, publikasi dalam jurnal ilmiah, baik nasional maupun internasional, menjadi salah satu indikator utama dalam menaikkan reputasi suatu perguruan tinggi.

Workshop Penulisan Karya Ilmiah ini merupakan kegiatan terakhir pada tahun anggaran 2023, walaupun dilaksanakan secara daring melalui flatform Zoom, tidak menyurutkan semangat dan kesungguhan mahasiswa dan dosen dalam menyimak informasi penting dari nara sumber. Workshop penulisan karya ilmiah ini lebih fokus pada usaha memfasilitasi mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di semester ganjil 119 juga mahasiswa yang sedang menempuh seminar persiapan skripsi. Sebagian besar desen Prodi Pendidikan Tari ikut hadir dan menyimak serta merefresh informasi dari narasumber Dr. Udi Utomo, M.Pd dosen Unnes Semarang juga editor Jurnal Harmonia yang sudah terindeks Scopus Q.1. Narasumber berkali-kali mengingatkan kepada mahasiswa untuk bisa menciptakan kesadaran akan pentingnya peran setiap individu dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah. Diharapkan, melalui dedikasi dan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa, Prodi Pendidikan Tari FBS-Universitas Negeri Jakarta dapat terus meraih prestasi dan meningkatkan reputasinya dalam dunia akademik. (Ojang Cahyadi)

Dokumentasi Kegiatan

Bagikan Artikel Ini!

Ojang Cahyadi

Dosen Pendidikan Tari Universitas Negeri Jakarta, Seniman Karawitan, dan Penulis

Leave a Reply