Prodi Pendidikan Tari FBS-UNJ Melaksanakan Kegiatan Kuliah Perdana Semester 119 tahun 2023 Dengan Tema “Motivasi Diri Meraih Prestasi”

You are currently viewing Prodi Pendidikan Tari FBS-UNJ Melaksanakan Kegiatan Kuliah Perdana Semester 119 tahun 2023 Dengan Tema “Motivasi Diri Meraih Prestasi”

Prof Melani Budianta menyajikan kuliah perdana untuk prodi Pendidikan Tari FBS UNJ

Jakarta, Prodi Pendidikan Tari Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta menggelar kegiatan Kuliah Perdana, di Gedung Ki Hajar Dewantara Lt.9 UNJ pada Senin, 18 September 2023.

Acara yang mengangkat tema “Menuju Indonesia Menari ” ini menghadirkan narasumber Prof. Melani Budianta, Ph.D salah seorang Dosen Universitas Indonesia dengan berbagai kegiatan akademik dan non akademik yang sangat luar biasa.

Kuliah perdana semester ganjil 2023 ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd, Koordinator Program Studi Pendidikan Tari, Dr. Deden Haerudin, M.Sn, dosen dan mahasiswa prodi Pendidikan Tari dari Angkatan 2021, 2022, dan 2023 sebanyak 150 mahasiswa.

Kuliah Perdana yang dimoderasikan oleh Dr. Rr. Yvonne TH, M.Si ini adalah pintu gerbang dalam pengenalan mutu pendidikan dan faktor-faktor penunjang lain, khususnya bagi mahasiswa baru Prodi Pendidikan Tari Angkatan 2023.

Narasumber memaparkan materi dengan tema menuju Indonesia menari dengan pembahasan terkait dengan Belajar Tari sebagai bidang studi di era digital dalam hal motivasi, alasan dan tujuan, aktor dalam ekosistem tari, penentu dinamika tari, antara tradisi dan inovasi : Kesenian berubah dan berkembang sepanjang jaman, peluang dan tantangan tari di Indonesia dan Dunia, Isu-isu lintas disiplin untuk masa depan, dan analisis SWOT.

Penyajian narasumber yang komprehensif menjadikan pancingan khususnya kepada mahasiswa untuk larut dan terlibat aktif dalam diskusi tanya jawab yang semakin seru dan bersemangat, dengan menggali beberapa informasi dan keterangan terkait konten pertanyaan yang mereka tanyakan kepada narasumber.

Kegiatan ini sungguh menjadi fasilitas belajar dan menggali pengalaman yang luar biasa khususnya bagi mahasiswa Prodi Pendidikan tari. Karena pengalaman narasumber sebagai menyaji materi mampu menjembatani kegelisahan para mahasiswa terkait fenomena perkembangan dan masa depan tari di Indonesia dan dunia saat ini.

Akhirnya tujuan dari pelaksanaan kegiatan kuliah perdana semester 119 dinilai sangat progresif dalam mempersiapkan mahasiswa mengisi masa depan tari di Indonesia dan dunia yang akan datang. Serahkan dirimu kepada kesenian, maka kesenian akan memberikan sesuatu yang berarti dalam hidupmu (Saini,KM: 1989). Ulasan: Ojang Cahyadi

Dokumentasi Kegiatan




[wp_objects_pdf]

Klik Button diatas untuk mengunduh versi PDF

Bagikan Artikel Ini!

Ojang Cahyadi

Dosen Pendidikan Tari Universitas Negeri Jakarta, Seniman Karawitan, dan Penulis

Leave a Reply