Menarik! Dosen UBSI Perkenalan Metode TPR untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak

Menarik! Dosen UBSI Perkenalan Metode TPR untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak
Menarik! Dosen UBSI Perkenalan Metode TPR untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak
  • Post author:
  • Post category:News
  • Post comments:0 Comments
  • Reading time:3 mins read

Pada hari Sabtu, 23 Maret 2023, para dosen Universitas Bina Sarana Infromatika (UBSI), Fakultas Komunikasi dan Bahasa mengadakan Pengabdian Masyarakat (PM) berupa pelatihan Bahasa Inggris di Rumah Belajar Mifasol yang beralamatkan  di Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411 . Kegiatan PM ini merupakan salah satu wujud dari Tri Darma perguruan tinggi yang merupakan kewajiban bagi seorang dosen untuk dapat mengabdikan ilmu yang dimiliki kepada masyarakat luas. Kali ini masyarakat yang dijadikan sasaran kegiatan adalah anak anak usia 7- 15 tahun

Sementara itu tim pelaksana adalah para dosen UBSI jurusan Bahasa Inggris yaitu Chodidjah  (ketua pelaksana), Dadan Hidayat, Nurmala Dewi ,Lia (anggota) ditambah dengan beberapa orang mahasiswa UBSI yang diikut sertakan. Kegiatan ini juga diikuti oleh beberapa dosen dan mahasiswa UBSI. Kegiatan pelatihan dimulai dari jam 08.00 WIB dengan mengambil tema Workshop Total Physical Responses Metode in Improving English Vocabulary for Children. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan speaking skill dan agar para peserta bisa mempraktekan langsung apa yang sudah dipelajari. Pada umumnya, banyak siswa yang sudah mempelajari bahasa Inggris bertahun-tahun namun masih terkendala dengan kemampuan berbicaranya atau speaking. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya praktek dan lebih banyak berfokus pada teori dan aktifitas menulis. Padahal komunikasi atau berbicara dalam Bahasa Inggris sangatlah penting, karena hal ini sangat diperlukan bagi mereka untuk memasuki dunia kerja atau bisnis nantinya. Untuk itu dalam pelatihan ini tema yang diangkat adalah penggunaan confusing word tema yang sederhana yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Pelatihan yang materinya disampaikan oleh Mrs Lia  ini memberikan contoh-contoh dan latihan sehubungan dengan tema yang di bawakan . Selama berlangsungnya pelatihan, terlihat para peserta tampak antusias dan bersemangat dalam menjawab pertanyaan dan merespon tugas-tugas yang diberikan oleh tutor. Kegiatan ini berlangsung sampai siang hari, kemudian ditutup dengan pemberian door prize untuk para peserta dan foto bersama. Panitia Mifasol dalam hal ini diwakili oleh ketua remaja masjid menyampaikan bahwa mereka sangat senang dan kegiatan ini sangat bermanfaat terutama dalam peningkatan Bahasa Inggris mereka. Dengan adanya pelatihan ini, mereka bisa mempraktekan apa yang sudah dipelajari walaupun masih ada yang belum percaya diri sepenuhnya. Namun dengan seringnya praktek kemampuan mereka akan meningkat dan kepercayaan diri akan semakin tumbuh. Mereka sendiri berharap semoga kegiatan ini bisa diadakan lagi dimasa yang akan datang dengan berbagai topik lainnya.

Bagikan Artikel Ini!

Danang

Lecture at Bina Sarana Informatika

Leave a Reply