Prodi Pendidikan Tari-FBS-UNJ Menyelenggarakan Workshop Tari Merak Sadunya Bersama Maestro Tari Sunda Irawati Durban

You are currently viewing Prodi Pendidikan Tari-FBS-UNJ Menyelenggarakan Workshop Tari Merak Sadunya Bersama Maestro Tari Sunda Irawati Durban

Prodi Pendidikan Tari memiliki berbagai kegiatan untuk menunjang dalam proses pembelajaran maupun dalam bidang kerjasama antar lembaga di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Kegiatan tersebut mencakup Kerjasama antar lembaga yaitu Prodi Pendidikan Tari, Gema Citra Nusantara, dan Pusat Bina Tari Irawati Durban (Pusbita Tari).

Salah satu tarian tradisional yang juga menyebar secara global dan membawa reputasi baik Indonesia di luar negeri adalah tari merak Jawa Barat. Tarian merak sangat populer dan digemari masyarakat luas. Tarian Merak berasal dari  Jawa Barat dan diciptakan pada tahun 1950. Sesuai dengan namanya, tarian ini merupakan ekspresi kehidupan  burung merak. Gerakan-gerakan tersebut terinspirasi dari tingkah laku burung merak jantan ketika ingin menarik perhatian burung merak. Dalam perkembangannya, tari merak ini mengalami beberapa kali perubahan dari gerakan aslinya yang diciptakan oleh Raden Tjetje Somantri dengan koreografi oleh Dra. Irawati Durban Arjon. Kemudian pada tahun 1985, gerakan tari merak kembali direvisi.

Adapun kegiatan workshop tari di lingkungan Prodi Pendidikan Tari yaitu Tari Merak, dimana tari Merak merupakan salah satu dari materi pembelajaran tari Sunda yang diajarkan kepada mahasiswa di semester lima.

Kegiatan Workshop Tari Merak Sadunnya ini dibuka oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Ibu Dr Liliana Miliastuti, M.Pd, Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan Ibu Prof. Dr. Dinny Devi Triana, M.Pd. Koorprodi Pendidikan Tari Bapak Dr Deden Haerudin, S.Sn., M.Sn., Koordinator Kerjasama Bapak Ojang Cahyadi, S.Sn., M.Pd dan juga Koordinator untuk Workshop oleh Bapak B Kristiono Soewardjo, S.E., S.Sn., M.Sn serta Segenap Dosen Prodi Pendidikan Tari dan juga mahasiswa yang terdiri dari ± 50 Orang Mahasiswa Prodi Pendidikan Tari meliputi 30 orang workshop tari Merak dan 20 Orang memainkan musik tari Merak. Kegiatan Workshop Tari Merak Sadunya diberikan oleh Seorang Maestro Tari Merak Ibu Irawati Durban. Kegiatan Workshop ini  dilaksanakan pada hari selasa 9 Mei 2023 di Studio Tari  Gedung Dewi Sartika Ruang 114. Selain diadakan Workshop, kegiatan tersebut melaksanakan penanda-tanganan Surat Perjanjian Kerjasama antara ketiga Instansi yang pada saat itu hadir. Pimpinan Sanggar Tari Gema Citra Nusantara Ibu Mira Arismunandar serta Pimpinan Sanggar Tari Pusbita (Pusat Bina Tari)  yaitu Ibu Irawati Durban. Kegiatan Workshop Tari Merak Sadunnya akan dipentaskan dalam acara Festival Merak di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tanggal 10 Juni 2023 dan Car Free Day (CFD) di Thamrin Jakarta pada tanggal 11 Juni 2023. Workhop tari Merak Sadunnya memberikan hasil yang terbaik baik untuk mahasiswa Prodi Pendidikan Tari maupun dapat memperluas jaringan kerjasama antara Kedua Belah Pihak.

Dokumentasi Kegiatan




[wp_objects_pdf]

Klik Button diatas untuk mengunduh versi PDF

Bagikan Artikel Ini!

Kristiono Soewardjo

Dosen Pendidikan Tari UNJ

Leave a Reply